Aki Mobil Gembung, Apa Penyebabnya?

Jakarta - Aki atau biasa disebut baterai pada mobil adalah salah satu perangkat yang paling penting. Namun terkadang, aki itu biasanya mengalami masalah sehingga membuat kinerja mobil biasanya terhambat. Salah satunya adalah aki yang menggembung. Apa biasanya penyebab aki menggembung?

Kepala Bengkel Toyota Astra Motor (TAM) Sunter, Iwan Abdurahman membeberkan beberapa alasan mengapa aki bisa menggembung. Menurut Iwan, penyebabnya adalah panas.

"Gembung pasti akibat panas dan tekanan di dalam naik. Tekanan yang sulit keluar. Kenapa? Kemungkinan besar, lubang napas yang ditutup air aki (ada 6 buah), mampet sama kotoran," sebut Iwan kepada detikOto, Rabu (18/1/2017).

Atau, untuk aki basah, kemungkinan air aki juga kurang. Walhasil, aki biasanya menjadi lebih panas. Menurutnya, aki menggembung bisa dialami oleh aki basah maupun aki kering. Penyebab lainnya adalah overcharge.

Aki Mobil Gembung, Apa Penyebabnya?


"Overcharge, biasanya terkait sama usia/kondisi aki yang memang sudah mulai jelek. Jadi, arus yang dihasilkan sama alternator, enggak semua tersimpan di aki," ujar Iwan.

Iwan mengatakan, rata-rata aki memiliki usia sekitar dua tahun. Namun, tergantung dengan penggunaannya juga.

"Orang yang sering jarak jauh dan rada ngebut, biasanya umur akinya bisa lebih panjang. Tapi bukan berarti saya nyaranin kebut-kebutan ya,"ujar Iwan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Aki Mobil Gembung, Apa Penyebabnya?"

Post a Comment