Bocah Tiga Tahun Meninggal Setelah Tersedak Bakso di Daycare

Bocah Tiga Tahun Meninggal Setelah Tersedak Bakso di Daycare

Washington DC, Kemampuan memberikan pertolongan pertama pada kecelakaan atau yang disebut (P3K) memang sangatlah penting, misalnya bagi para pekerja di daycare. Karena dengan kemampuan itu bisa membantu mengurangi atau mencegah kefatalan akibat kecelakaan yang di alami.

Kecelakaan di daycare yang mengakibatkan kematian salah satu balita baru-baru ini dilaporkan terjadi di Departemen Tenaga Kerja di Washington DC. Sebelumnya, seperti biasa ibunya membawa bocah itu ke daycare setiap pagi.

Si anak dititipkan di daycare karena ibunya harus bekerja sebagai akuntan di gedung tersebut. Nah, suatu hari di hari Selasa, sang ibu bekerja seperti biasa. Dia tidak menyangka terjadi kegawatan pada putranya sampai dia mendengar rekaman di mesin penjawab telepon, yang mana petugas daycare mengabarkan kondisi anaknya.

Dikutip dari Daily Mail, sesaat setelah mengetahui keadaan anaknya, si ibu segera menuju daycare yang letaknya di gedung bagian bawah. Setibanya di sana, ternyata anaknya sudah berada di dalam ambulans dan kemudian dibawa ke rumah sakit anak. Sayang, nyawa bocah itu tidak bisa diselamatkan.

Cheryl McCarthy, sang nenek, menuturkan dari informasi pihak daycare, cucunya tersedak saat makan bakso. Staf terlatih telah menelepon 911 kemudian melakukan manuver Heimlich dan cardiopulmonary resuscitation (CPR) untuk menyelamatkannya. Pada saat peristiwa terjadi, ada 13 anak di ruangan dan dua guru.

Pihak daycare, The Esther Peterson Child Development Center, mengaku terpukul dengan peristiwa tersebut. Mereka juga ikut berbelasungkawa. "Kami tidak tahu penyebab kematiannya pada saat ini, tetapi kami sepenuhnya bekerja sama dengan pihak berwenang," begitu penyataan dari pihak daycare.

Sejauh ini memang belum dirilis apa penyebab kematian balita itu, apakah sepenuhnya karena tersedak bakso atau ada sebab lainnya. Yang jelas, balita itu meninggal sesaat setelah tersedak. Pemeriksaan medis akan digelar untuk memastikan semuanya.

Sang nenek sendiri heran mengapa cucunya bisa meninggal setelah tersedak bakso. Apalagi menurutnya, bukan kali ini saja cucunya makan bakso. Nenek menyesalkan terjadinya peristiwa itu dan mempertanyakan pengawasan pihak daycare saat memberi makan anak-anak.

Kasus kefatalan pada balita akibat tersedak juga pernah dilaporkan sebelumnya. Bocah 2 tahun bernama Miranda Grace Lawson tiba-tiba matanya melotot dan napasnya terhambat karena tersedak popcorn. Sang ayah mencoba memberi CPR tapi gagal.

Saat paramedis tiba, jantung Miranda tidak berdetak. Hingga dua bulan, Miranda dirawat di Virginia Commonwealth University Medical Center dengan alat bantu. Sempat ada kemajuan, tapi kemudian diketahui Miranda mengalami kerusakan otak parah.

dr Dita Elvina, Koordinator Instalasi Gawat Darurat dari Brawijaya Children and Women Hospital, beberapa waktu lalu menjelaskan bahaya dari tersedak adalah udara tidak bisa masuk, otak kekurangan oksigen sehingga pasien tidak sadarkan diri.


Bocah Tiga Tahun Meninggal Setelah Tersedak Bakso di Daycare Foto: Ilustrasi CPR/ Muhamad Reza Sulaiman
Ciri-ciri anak yang mengalami tersedak adalah: megap-megap, tidak bisa berbicara atau menangis, wajah bisa membiru. Pada anak yang cukup besar, biasanya memegang tenggorokan.

Jika bayi tersedak namun bisa batuk kuat, menangis atau bernapas lancar, intervensi tidak perlu diberikan. Beda halnya jika bayi tampak megap-megap karena susah bernapas.

Untuk menolong bayi yang tersedak, cobalah untuk menidurkan bayi dengan posisi telentang di paha si penolong, lalu masukkan jari ke mulut bayi. "Kalau tetap tidak bisa, kita tengkurapkan si bayi di punggung paha lalu tekan-tekan punggungnya," saran dr Dita.

Pada saat memberikan pertolongan, pastikan kepala bayi lebih rendah dari bagian tubuh lainnya.

Sedangkan pada anak kecil usia di atas 5 tahun, orang tua bisa mendekap pinggang anak dari belakang dalam posisi anak berdiri. Buatlah kepalan tangan dan tempatkan di atas pusar, di bawah tulang rusuk. Kemudian pegang kepalan tangan dengan tangan yang lain. Tujuannya adalah memberi tekanan pada diafragma dan dada agar timbul rasa mual.

"Atau cara kedua menekan punggung anak selagi ia duduk," imbuh dr Dita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bocah Tiga Tahun Meninggal Setelah Tersedak Bakso di Daycare"

Post a Comment