iPhone 7 Masuk Indonesia Lebih Dulu dari Galaxy S8

Foto: detikINET/Adi Fida RahmanFoto: detikINET/Adi Fida RahmanFoto: Anggoro Suryo Jati/detikINET

Jakarta - Meski sudah mengantongi sertifikasi dari Kominfo, iPhone 7 belum juga dijual bebas di pasar Indonesia. Tapi Menkominfo Rudiantara sudah berusaha dan akan memastikan ponsel ini tidak lama hadir.

"Semalem ada yang tanya ke saya, Galaxy S8 kapan masuk. Saya jawab iPhone 7 akan masuk lebih dulu," kata Rudiantara saat ditemui usai berbicara di Seminar Awal Tahun Indonesia Technology Forum yang berlangsung di Balai Kartini, Jakarta, (19/1/2016).

Menurutnya hal tersebut dimungkinkan karena Apple sudah memenuhi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Alhasil perusahaan berbasis di Cupertino, California, Amerika Serikat itu dapat memasarkan ponsel anyarnya di Indonesia.

"Sudah boleh dijual. Apple telah menentukan lokasi pusat risetnya di Indonesia," tegas Menkominfo.

Sebenarnya kedatangan iPhone 7 nanti sudah cukup telat karena sudah dirilis sejak akhir tahun lalu. Sedangkan Galaxy S8 sendiri memang belum resmi diumumkan oleh Samsung, diprediksi baru pada bulan April mendatang. Sehingga mungkin iPhone 7 datang sebelum bulan itu.

Dalam kesempatan yang sama, Menkominfo yang kerap disapa Chief RA ini menyampaikan aturan TKDN sudah berlaku. Pihaknya pun sudah memberitahukan ke para vendor ponsel akan hal ini.

"Per 1 Januari ini TKDN 30% sudah diberlakukan. Surat edarannya sudah kami dikirimkan ke vendor-vendor," katanya. 

Seperti diketahui pemerintah telah resmi menetapkan kebijakan tentang TKDN yang akan dikenakan kepada vendor ponsel 4G LTE sebagai syarat berjualan di Indonesia.

Dalam surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri untuk aturan TKDN 4G 30% ini, tata cara perhitungannya dibagi menjadi dua, yakni TKDN Hardware dan TKDN Software.

Untuk TKDN Hardware, komposisinya: manufaktur 70%, pengembangan 20%, dan aplikasi 10%. Sementara TKDN Software: aplikasi 70%, pengembangan 20%, dan manufaktur 10%.

Seluruh vendor wajib memenuhi kewajiban 30% TKDN untuk ponsel mulai 1 Januari 2017. Jika tak memenuhi aturan tersebut, maka mereka dilarang menjual produknya di Indonesia.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "iPhone 7 Masuk Indonesia Lebih Dulu dari Galaxy S8"

Post a Comment