Nintendo 'Curhat' Kenapa Switch Dibanderol Rp 4 Juta



Jakarta - Konsol game dari perusahaan besar seperti Nintendo mengenalkan Switch sebagai konsol baru, Switch yang ditawarkan senilai USD 300 atau setara Rp 4 juta (USD 1 = Rp 13.300) ternyata menuai banyak pertanyaan. Ada yang bilang kemahalan, ada juga yang menganggapnya kemurahan. Nintendo pun membeberkan jawabannya.

Menurut Presiden Nintendo of America Reggie Fils-Aime, banderol sebesar USD 300 dirasa sudah sangat masuk akal setelah melewati berbagai pertimbangan. Fils-Aime mengaku Nintendo telah berusaha keras agar Switch punya banderol yang mudah digapai banyak kalangan gamer.

"Keputusan pertama yang kami buat adalah, di mana kami ingin perangkat ini (Switch-red) memiliki titik harga yang bisa terjangkau dan bisa meraih pangsa pasar yang kami inginkan. Dan mengacu pada pricepoint di pasar Amerika Serikat, kami menginginkannya di angka USD 299," katanya, seperti detikINET kutip dari Ubergizmo, Selasa (17/1/2017).

Keputusan harga yang disodorkan Switch juga bukannya tanpa pengorbanan. Biasanya sebuah konsol game baru akan menyertakan sebuah game yang langsung bisa dijajal gamer untuk membuktikan kemampuan perangkat yang dibelinya. Tapi tidak demikian dengan Switch, Nintendo terpaksa menjualnya tanpa game demi harga yang lebih terjangkau.

Tapi membayar USD 300 bukan berarti gamer cuma mendapatkan konsol gamenya saja. Dalam paket penjualannya, Nintendo turut menyodorkan berbagai aksesori yang siap menemani Switch seperti sepasang stik kontroler Joy-Con dan juga docking untuk menghubungkan ke layar yang lebih lebar.

"Tentu saja, harga yang lebih rendah akan selalu lebih baik. Kalau kami memaksa pada titik harga USD 349 atau USD 399, kami merasa itu tidak seharusnya. Dan kemudian itu semua tentang apa yang akan didapatkan (gamer)? Jelas kehadiran sepasang Joy-Con, penting, kabel-kabel, docking (juga) penting. Kami juga harus menentukan keputusan (harga) ini dari perspektif keuangan. Jadi kami memutuskan, bisa USD 299 tapi tanpa software (game)," jelas Fils-Aime.

Jadi bagi gamer yang tertarik memboyong Nintendo Switch, siapkan juga dana tambahan untuk membeli gamenya sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nintendo 'Curhat' Kenapa Switch Dibanderol Rp 4 Juta"

Post a Comment