Sumarsono Kritik Desain MRT, Ahok: Sudah Kontrak dengan Jepang

Sumarsono Kritik Desain MRT, Ahok: Sudah Kontrak dengan Jepang



Jakarta - Plt Gubernur DKI Sumarsono mengkritisi desain kepala Mass Rapid Transit (MRT) yang baginya desain tersebut mirip binatang jangkrik. Sumarsono pun ingin PT MRT Jakarta untuk mengganti desain kepala moda transportasi tersebut dengan desain lebih elegan namun enak dipandang.

Menurut Gubernur DKI nonaktif Basuki T Purnama (Ahok) desain kepala MRT tersebut sudah diputuskan mirip 'jangkrik'. Alasannya karena desain kepala MRT tersebut sudah diputuskan dan sudah masuk dalam tahan pemesanan ke negara pembuatnya, Jepang.

"Kalau teknologi, kamu bisa berdebat lah. Tapi kan sudah diputuskan juga. Itu pesanan saja MRT, kan sudah kita putuskan," kata Ahok saat ditemui di Gedung Smesco, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Rabu (18/1/2017).

"Nggak bisa (didesain ulang), kita sudah ada kontrak dengan Jepang," lanjutnya.

Sebelumnya, Plt Gubernur DKI Jakarta Sumarsono (Soni) mengaku tidak sreg dengan desain kereta untuk mass rapid transit (MRT). Soni menyebut desain kereta rel listrik (rolling stock) mirip jangkrik. 

"Itu muka kepala keretanya kayak jangkrik. Untuk membutuhkan re-desain ini, kita akan undang pabriknya yaitu Nippon Sharyo dan 
Sumitomo pekan depan hari Jumat agar dijelaskan secara teknis mengenai muka daripada kepala kereta mock up (contoh) rolling stock," ujar Sumarsono di Ruang Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (16/1) lalu.

Keinginan desain ulang ini menurut Soni berasal dari berbagai komentar yang diterimanya mengenai kepala kereta yang dinilai tidak bagus. Pihak yang memberi masukan menurut Soni ingin agar kereta MRT punya desain yang bagus.

"Teman-teman banyak yang komentar, kok bentuknya kurang bagus. Ya kalau nggak bisa total aerodinamis, paling minimum desain ulang, rekayasa ulang aerodinamisnya saja," imbuhnya.

Untuk menindaklanjuti keinginannya untuk mengganti desain kepala MRT, Sumarsono bahkan akan mengirim utusan ke Jepang pada Kamis besok.

"Makanya, tim kita suruh ke Jepang besok Kamis (19/1)," ucap pria yang akrab disapa Soni ini di lokasi proyek Jakarta International Equestrian Park Pulomas, Pulomas, Jakarta Timur, Selasa (17/1) kemarin. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sumarsono Kritik Desain MRT, Ahok: Sudah Kontrak dengan Jepang"

Post a Comment