Tata Motors Mau Boyong Mobil Pedesaan dari India?

Jakarta - Tata Motors Indonesia benar-benar menyambut sangat baik rencana dari pemerintah untuk bisa mendatangkan mobil di kawasan pedesaan. Jika ditawari mobil pedesaan, kira-kira model apa yang disiapkan Tata Motors?

"Apakah akan membawa dari India? Kita punya produknya, dan sudah kami jual dan sangat populer di India," kata President Director of PT Tata Motors Indonesia and PT Tata Motors Distribusi Indonesia, Biswadev Sengupta, Selasa (17/1/2017) di Jakarta.

"Karena di India sendiri masyarakatnya lebih banyak itu menengah ke bawah, jadi sangat populer di India. Kami tidak akan langsung membawanya dari India, tapi kami melihat situasinya terlebih dahulu. Apakah kami akan membuatya disini atau mendatangkan dari India," tambahnya.

Begitu juga dengan yang disampaikan Branch Manager CV Tata Motors Indonesia, Wildan Bachtiar, yang mengatakan kendaraan pedesaan sudah menjadi fokus Tata Motors di Indonesia.

"Jadi kalau kita ngomong kendaraan pedesaan itu, sudah dari satu atau dua tahun lalu kita sudah fokus kesana. Kita memahami kebutuhan customer, bukan dari kita punya produk apa terus dijual. Jadi sesuai filosofi Tata inspirasi itu dari masyarakat, jadi di desa itu kebutuhannya seperti apa (kendaraan-Red). Jadi enggak melulu, kaya kita punya produk ACE EX 700 cc masyarakat desa melulu kita dorong untuk produk itu, jadi kita lihat kebutuhannya seperti apa," kata Wildan.

"Makanya kita selalu punya program seperti Tata masuk desa dan disitu kita enggak melulu harus jual ACE EX, tapi kita lihat total solusinya di desa itu seperti apa. Misalnya yang berkembang itu daerahnya pertanian, berarti kan dia sudah tidak butuh lagi ACE EX2, berarti yang dibutuhkan itu Super ACE atau bahkan truk," tambahnya.

Tata ACE EX2


Tidak berhenti sampai disitu, Wildan mengatakan banyak pengendara di desa memilih untuk menyervis kendaraannya sendiri. Oleh sebab itu Tata Motors memberikan pembelajaran untuk bisa menyervis sendiri kendaraannya.

"Pengguna mobil komersial itu biasanya maintance sendiri kendaraannya. Dan tahun kemarin kita launching Tata Pintar, bersama Tata disitu kita mendidik sampai target kita mencapai seribu mekanik. Jadi ketika desa itu relatif agak jauh dari kita, otomatis kita harus mendidik mereka agar dapat maintenance kendaraannya. Jadi kita tidak mau kendaraan kita (Tata Motors) tidak terawat. Kalau spare part, kita juga sudah ada yang online di desa kan sudah ada yang pakai gadget," ujar Wildan.

"Bahkan aku waktu itu masuk ke pelosok Pelabuhan Ratu, daerah gunung-gunung, mereka sudah pegang gadget. Jadi bisa pesan barang bisa via online dan bisa diantar. Itu sudah dimulai waktu di GIIAS kemarin, dan sudah kita kasih tau kepada customer kita. Sekarang juga tim kita sudah menambah sedikit demi sedikit," tambahnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tata Motors Mau Boyong Mobil Pedesaan dari India?"

Post a Comment