Uang Rupiah Asli Hanya Dicetak di Karawang

Uang Rupiah Asli Hanya Dicetak di Karawang

Kawarang - Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia atau biasanya disingkat (Perum Peruri) akan memastikan pencetakan uang NKRI yang telah diluncurkan pada akhir tahun 2016 ini murni di dalam negeri. Selama ini ada gosip tak enak tentang uang rupiah baru dicetak di luar negeri.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Perum Peruri Prasetio dalam acara Media Visit Pabrik Pencetakan Uang di Karawang Timur, Rabu (18/1/2017).

Penegasan tersebut sekaligus menjawab mengenai gosip atau informasi miring mengenai pencetakan uang NKRI dilakukan oleh negara lain.

Apalagi, kata dia, aturan UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang pasal 14 dinyatakan bahwa pencetakan Rupiah dilakukan oleh Bank Indonesia dan pencetakan tersebut dilaksanakan di dalam negeru dengan menunjuk BUMN.

Dari aturan tersebut, terdapat aturanan turunan yakni PP Nomor 32 Tahun 2006, yang menegaskan bahwa Perum Peruri merupakan perusahaan BUMN yang diamanahkan untuk mencetak uang NKRI.

"Berdasarkan landasan PP itu ditegaskan kembali bahwa Peruri ini adalah memiliki tugas mencetak uang BI," kata Prasetio.

Ada UU Nomor 7 2011 dan PP Nomor 32 tahun 2006, bahwa BI mencetak uang di BUMN. Seperti diketahui, Indonesia punya 120-an BUMN, tapi yang memiliki kompetensi dan spesialisasi pencetakan uang hanyalah Perum Peruri. 

Disamping itu, berdasarkan landasan PP itu ditegaskan kembali bahwa Peruri ini adalah memiliki tugas mencetak uang BI.

Menurut Prasetio, tidak ada perusahaan selain Perum Peruri yang melakukan pencetakan uang NKRI. "Tidak ada perusahaan manapun di Indonesia yang mampu mencetak uang NKRI, kecuali Peruri," tambahnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Uang Rupiah Asli Hanya Dicetak di Karawang"

Post a Comment