Ingin Tahu Kota Termahal Hingga Kota Termurah Di Indonesia ? Berikut Beritanya!!

kota termurah dan termahal di Indonesia

Jika Anda ingin merantau atau menjadi orang urban sebaiknya Anda mengetahui tentang kota yang ingin Anda tuju. Salah satu hal yang harus Anda ketahui adalah biaya hidup di kota tersebut. Jangan sampai Anda kaget dengan biaya hidup di kota yang Anda tuju hal itu dikarenakan tidak semua kota memiliki biaya hidup yang sama. Ada kota yang memiliki biaya hidup murah dan biaya hidup mahal. Manfaat Anda mengetahui biaya hidup di kota tersebut Anda bisa mengetahui tingkat kesejahteraan di kota tersebut. Kota dengan biaya hidup yang tinggi namun di sana banyak pengangguran tingkat krimialitasnya lebih tinggi. Oleh sebab itu bagi Anda yang berencana ingin merantau, simak kota termurah dan termahal di Indonesia berikut ini :

kota termurah dan termahal di Indonesia 10

Probolinggo

Siap-siap untuk mengeluarkan biaya perbulan sebesar Rp 3,2 juta bagi yang ingin menetap atau tinggal di kota Probolinggo.

Makassar

Kota yang menjadi salah satu kota dengan biaya hidup tertinggi di Indonesia dengan nilai IHK sebesar Rp 5.774.957 perbulan membuat kota ini menjadi kota ke 10 dengan biaya hidup termahal di Indonesia.
kota termurah dan termahal di Indonesia 9

Metro

Kota Metro ialah kota yang berada di Provinsi Lampung dengan biaya hidup tergolong murah yaitu sebesar Rp 3,1 Juta perbulan untuk satu keluarga dengan 4 orang anggota keluarga.

Pekanbaru

Kota Pekanbaru ibukota dari Provinsi Riau ini sedang berkembang pesat mengingat sebagai kota dagang yang mempertemukan berbagai macam etnik di Indonesia. Hidup di kota ini tergolong mahal dikarenakan biaya yang harus di keluarkan atau IHK sebesar Rp 5.808.376 tiap bulannya.
kota termurah dan termahal di Indonesia 8

Singaraja

Kota dengan luasnya asebesar 27,98 km² dan memiliki penduduknya berjumlah 80.500 jiwa. Kepadatan penduduknya adalah 2877 jiwa/km² ini menawarkan pesona wisata yang yang dapat menarik wisatawan domestik dan mancanegara. Selain itu kota Singaraja termasuk kota termurah dengan pengeluaran sebesar Rp 3,1 juta dalam satu bulan.

Surabaya

Kota pahlawan ini berada di posisi ke 8 sebagai kota yang memiliki biaya hidup termahal di Indonesia, karena biaya yang harus dikeluarkan dalam satu bulan di kota ini sebesar Rp 6,059.488 perbulan. Kota Surabaya juga merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta.
kota termurah dan termahal di Indonesia 7

Kudus

Kudus, Kota terkecil di Jawa Tengah ini hanya memiliki luas wilayah 425,16 km2 . Walaupun begitu kabupaten ini termasuk kabupaten yang lumayan maju dibanding dengan kabupaten lain disekitarnya. Biaya hidup untuk satu keluarga di kota ini hanya mengeluarkan dana kurang lebih 3 juta rupiah.

Banda Aceh

Banda Aceh merupakan kota yang menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Untuk hidup di kota ini tidaklah murah, biaya yang harus di keluarkan sebesar Rp 6,159.000 tiap bulan. Komoditi pangan serta sandang banyak di datangkan dari luar kota Banda Aceh.
kota termurah dan termahal di Indonesia 6

Banyuwangi

Berdasarkan survey Badan Pusat Statistik, kota Banyuwangi masuk kedalam kota termurah di Indonesia.  Satu keluarga berjumlah empat orang hanya membutuhkan biaya Rp 3,03 juta.

Manokwari

Manokwari adalah ibukota di propinsi Papua barat. Yang memiliki luas sebesar 1.559,94 km persegi. Kota yang memiliki daya tarik dari segi pesona wisata alam yang ditawarkan. Cocok sebagai tujuan wisata, akan tetapi untuk hunian atau tempat kota Manokwari sangatlah mahal, karena biaya hidup disana sebesar 6.269.296 juta perbulan-nya.
kota termurah dan termahal di Indonesia 5

Yogyakarta

Kota termurah kedua yang ada di Indonesia adalah Yogyakarta. Kota Yogyakarta terkenal dengan biaya hidupnya yang murah. Meskipun UMP tidak terlalu besar, namun UMP tersebut cukup untuk mencukupi biaya hidup yang ada di Yogyakarta. Untuk biaya makan di Yogyakarta semuanya masih cukup murah dibandingkan dengan kota besar lainnya. Misalnya saja dengan biaya sekitar Rp 10.000 sampai dengan Rp 12.000 Anda sudah bisa mendapatkan nasi dengan sayur dan telur. Untuk harga minuman dan juga harga kebutuhan pokok seperti beras dan lain-lain masih standar dan tidak terlalu mahal. Untuk kontrakan di Yogyakarta berkisar Rp 7.000.000 dan yang termahal bisa mencapai Rp 15.000.000 per tahunnya. Sedangkan jika Anda tinggal di kost, biaya kamarnya sekitar Rp 300.000 sampai dengan Rp 700.000 dan biaya listrik nya terpisah. Estimasi biaya hidup di Yogyakarta untuk per orangan sekitar Rp 800.000 per bulannya. Saat membahas kota termurah dan termahal di Indonesia pastikan juga melihat biaya hidup yang kota termahal seperti Jayapura dan Jakarta.

Batam

Kota Batam masuk kedalam daftar kota termahal di Indonesia dikarenakan nilai IHK sebesar sekitar 6,3 juta. Faktor tersebut dikarenakan lokasi kota Batam yang terbilang susah terjangkau dan akses yang cukup menyulitkan untuk transportasi sehingga membuat harga-harga bahan pokok menjadi lebih mahal.
kota termurah dan termahal di Indonesia 4

Purwokerto

Purwokerto terkenal dengan kota yang menawarkan objek wisata yang cukup menarik seperti wisata Baturaden. Kota ini layak dijadikan sebagai hunian yang sangat di idamkan orang karena biaya hidup yang dikeluarkan di kota ini terbilang cukup murah yaitu 1 juta saja.

Depok

Kota penyanggah Ibu Kota Jakarta ini termasuk kota dengan biaya hidup termahal di urutan ke 4 di Indonesia. Kota yang menjadi tujuan untuk menempuh pendidikan dan hunian ini memiliki pengeluaran yang tidak beda jauh dengan kota Jakarta yaitu mencapai sekitar Rp 6,3 Juta.

Kota termurah dan termahal di Indonesia 3

Sibolga

Kota Sibolga kota yang terletak di pantai barat pulau Sumatera ini merupakan kota di salah satu provinsi di Sumatera Utara yang memiliki perekonomian berasal dari sektor perikanan, pariwisata, perdagangan dan industri maritim. Untuk hidup di kota Sibolga ini dalam satu bulan pengeluaran yang harus dikeluarkan sebesar 1-1,5 juta rupiah.

Ternate

Kota Ternate merupakan kota yang berada di pulau maluku ini termasuk kota dengan biaya hidup termahal ke 3 di Indonesia dengan IHK sebesar sekitar 6,5 juta rupiah.  Hal tersebut terjadi dikarenakan faktor harga bahan-bahan pokok yang melambung tinggi. Walaupun memiliki harga bahan pokok yang cukup tinggi, ternyata kota Ternate masih jadi daya tarik tersendiri bagi pendatang di luar Ternate.
Kota Termurah dan Termahal di Indonesia 2

Cirebon

Cirebon merupakan kota yang termasuk murah di Indonesia, kota yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat ini.P erekonomian Kota Cirebon dipengaruhi oleh letak geografis yang strategis dan karakteristik sumber daya alam sehingga struktur perekonomiannya didominasi oleh sektor industri pengolahan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor angkutan dan komunikasi serta sektor jasa. Mata pencarian masyrakat di kota Cirebon yaitu bercocok tanam, perlu di ketahui bahwa pengeluaran untuk hidup di kota Cirebon ini hanya berkisar 600-800 ribu rupiah saja.

Jayapura

Jayapura menyimpan berbagai macam potensi mulai dari tambangnya seperti emas dan tembaga. Tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin mencari rezeki di kota tersebut. Meski menyimpan potensi yang cukup menggiurkan untuk mencari rezeki, namun Anda harus tahu bahwa biaya hidup di Jayapura sangat mahal. Alasannya karena transportasi. Jayapura tidak memproduksi bahan-bahan kebutuhan pokok sehingga semua barang kebutuhan pokok di Jayapura didatangkan langsung dari Jawa menggunakan pesawat. Untuk harga minuman seperti es teh di banderol dengan harga Rp 12.000. Begitu pula dengan sayur-sayuran yang di Jawa bisa didapatkan dengan harga Rp 3.000 seikat nya, di Jayapura bisa mencapai 3 kali lipat mahalnya. Untuk biaya hidup di Kota Jayapura, Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp 4.000.000 sampai dengan Rp 7.000.000 setiap bulan nya tergantung dengan berapa jumlah orang yang ditanggung.
Kota Termurah dan Termahal di Indonesia

Solo

Kota termurah pertama yang ada di Indonesia adalah Kota Solo. Kota Solo ini memiliki biaya hidup yang lebih murah dibandingkan dengan Kota Yogyakarta. Kota yang pernah dipimpin oleh Presiden Jokowi ini merupakan salah satu kota yang terkenal di Indonesia. Solo juga dijadikan sebagai tempat tujuan wisata dan dijadikan sebagai salah satu kota urban. Jika Anda berniat untuk merantau atau menjadi mahasiswa Anda harus tahu biaya hidup di kota ini. Untuk biaya makan seperti nasi, sayur dan ditambah dengan gorengan Anda cukup mengeluarkan kocek sekitar Rp 7.000. Biaya kost yang ada di Solo ini dihitung tahunan berkisar antara Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 3.000.000. Untuk transportasi umum bisa menggunakan bus Trans Solo atau bus umum. Biayanya berkisar antara Rp 3.000 sampai dengan Rp 15.000. Dengan biaya bulanan Rp 500.000 sampai dengan Rp 700.000 Anda sudah bisa hidup layak di Kota Solo.

Jakarta

Saat membahas tentang kota termurah dan termahal di Indonesia tentu Anda akan menyebut Kota Jakarta sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Memang hal tersebut bukan tanpa alasan. Kota Jakarta dinobatkan sebagai kota dengan biaya hidup termahal dikarenakan lahan yang sempit, ketersediaan lahan tanaman yang terbatas dan mahalnya transportasi membuat semua yang ada di Jakarta serba mahal.
Tempat tinggal di Jakarta seperti kontrakan dan kost di Jakarta biaya nya adalah Rp 1.000.000 sampai dengan Rp 1.700.000. Harga sewa tersebut termasuk dalam tempat tinggal yang strategis. Sayangnya Anda hanya mendapatkan fasilitas yang cukup layak. Untuk tempat tinggal dengan fasilitas layak atau bagus harganya sekitar Rp 3.000.000 sampai dengan Rp 7.000.000. Untuk biaya makan di Jakarta per hari antara Rp 25.000 sampai dengan Rp 35.000. Biaya transport Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti Trans Jakarta dengan biaya Rp 3.500 dan jika naik taxi per harinya Rp 35.000 sampai dengan Rp 45.000. Untuk hidup di Jakarta selama sebulan Anda akan mengeluarkan biaya antara Rp 2.000.000 sampai dengan Rp 4.000.000 setiap bulannya untuk per orangan tergantung dengan tempat tinggal Anda, makanan Anda setiap hari, transportasi Anda setiap harinya dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ingin Tahu Kota Termahal Hingga Kota Termurah Di Indonesia ? Berikut Beritanya!!"

Post a Comment