Menyedihkan! Begini Kisah Hidup 5 Artis Senior Tanah Air Ini yang Memperhatinkan di Usia Tua


Banyak pepatah yang berkata sebenarnya hidup itu seperti roda yang berputar. Kadang kala kita bisa aja berada di bawah dan bisa juga berada di atas. Sudah menjadi satu takdir dari Tuhan kalau hidup itu seperti roda. Namanya aja udah takdir, pasti semua keputusan yang sudah digariskan Tuhan sudah menjadi keputusan yang mutlak dan kita tidak bisa begitu saja mengubahnya. Takdir juga berlaku untuk siapapun makhluk hidup di dunia ini. Tidak mengenal status dan umur, semuanya sudah digariskan takdirnya oleh Tuhan Yang Maha Esa.
Tidak terkecuali dengan para selebritis tanah air yang selalu menghiasi layar kaca dari dulu hingga sekarang ini. Tak sedikit dari mereka yang hidupnya juga berputar layaknya roda. Dari yang dulunya terkenal dan jaya, hingga jatuh miskin dan menderita sekarangnya. Seperti beberapa selebritis berikut ini, masa kejayaannya lenyap begitu saja ketika tua menghampirinya. Banyaknya pendatang baru yang perlahan tapi pasti merdupkan karirnya. Ditambah lagi dengan usia yang sudah tidak muda lagi dan penyakit yang bisa dibilang banyak memakan biaya. Kita tengok dan sedikit flashback yuk dengan para artis legendaris berikut ini yang dulunya hidup jaya kini meredup bak tertelan bumi.

1. M. Amin pemeran Om Jin di sinetron Jin dan Jun


Masih ingat dengan serial Jin dan Jun tahun 1996? Kalau anak tahun 90-an pasti tau banget nih. Pasti kamu tau dong kisah Jun (Sahrul Gunawan) dan si Om Jin ( M Amin)? Kisah kocak mereka yang membuat serial ini digemari oleh anak-anak pada zaman itu. Jelas sekali bahwa Om Jin dalam serial tersebut juga ikut popular. Namun, sedihnya di balik kepopularan tokoh Om Jin yaitu M. Amin ada kisah yang bikin miris hati. Setelah serial ini habis tayang dan sudah menjadi kenangan anak 90-an. Hidup M. Amin tidak terendus lagi oleh media. Kabarnya, setelah berapa tahun kepopulerannya, M. Amin hidup serba kekurangan.
Ketenarannya sebagai Om Jin sudah lenyap dimakan zaman. Lama tidak terdengar lagi kabarnya, ternyata M. Amin sudah berpulang ke yang Maha Kuasa pada tahun 2013 silam. Kabar meninggalnya juga luput dari pemberitaan media. Sungguh miris kalau mendengar bahwa pria keturunan Pakistan ini hidup penuh kekurangan di masa tuanya.

2. Bambang Triyono pemeran Kentung di sinetron Tuyul dan Mbak Yul


Ingat dengan tokoh Kentung dalam serial Tuyul dan Mbak Yul? Teman Ucil yang sering banget tiduran di atas batu dengan perut besarnya yang terbelalak kemana-mana ini ternyata memiliki kehidupan yang bisa dibilang sangat miris. Semenjak dirinya tidak lagi menjadi aktor komedian, kehidupan Bambang berubah drastis. Dari hidup berkecukupan, sampai hidup seorang diri dalam kesusahan. Bambang rela tinggal di sebuah kamar kost yang cukup sempit dengan kesehatan yang tak lagi prima. Bambang mengalami kelumpuhan dan patah kaki. Lebih mirisnya lagi, Bambang dicerai oleh istri tercinta lantaran tidak bisa menafkahinya. Sempat dirujuk untuk dirawat di panti jompo, namun Bambang ditolak lantaran peraturan panti yang mengharuskan umur pasiennya harus di atas 60 tahun. Akhirnya, Bambang dirawat dengan biaya donasi dari teman-temannya. Setelah menjalani hidup yang cukup miris, Februari 2015 Bambang menghebuskan nafas terakhirnya.

3. Laila Sari


Dikenal sebagai artis yang serba bisa, kini Emak Laila (76) harus hidup penuh dengan keprihatinan. Hidup dalam rumah sederhana dengan 7 anggota keluarga lainnya. Di hari tuanya, emak Laila dengan ikhlas dan tulus merawat cucunya yang ditinggalkan ibunya meninggal dunia. Dilansir dari detik.com, keadaan rumah Emak Laila terbilang sangat memprihatinkan. Rumah kecil dibilangan Jakarta, dengan tembok yang sudah lusuh karena terkena rembesan air hujan yang bocor dari asbes rumahnya yang turut lusuh juga. Bisa dibilang, untuk anggota keluarganya yang banyak rumah tersebut tidak layak. Emak Laila mengaku sudah jarang banget dapat panggilan syuting. Jadi, kebanyakan keseharian Emak Laila hanya tidur dan istirahat karena kadang kondisinya tubuhnya yang kurang sehat. Cukup miris membaca keadaan Emak Laila yang dulu pada zamannya sangat populer. Emak Laila juga mendapatkan julukan artis 3 dekade, karena sudah tiga zaman berkecimpung di dunia hiburan tanah air.

4. Pak Raden


Seniman tanah air yang memiliki banyak talenta hebat satu ini juga mempunyai kisah hidup yang miris. Sebagai seorang seniman yang menciptakan banyak karya, kehidupan pak Raden jauh dari kata makmur. Dilansir dari kompas.com mengatakan bahwa hidup Pak Raden jauh dari kata Makmur dan hidup dengan seseorang yang membantunya setiap hari. Pak Raden yang tidak punya istri semasa hidupnya, memiliki rumah yang bisa dibilang kurang terawat karena tidak adanya sentuhan tangan perempuan di rumahnya. Pak Raden yang menghiasi dunia anak-anak ini kurang dapat perhatian dari khalayak publik.
Apalagi kasus royalti hak cipta “Si Unyil” yang seharusnya menjadi hak Pak Raden, tidak kunjung dibayarkan. Cukup miris mendengar kasus itu. Banyak protes yang mengecam hal tersebut. Hak cipta atas serial Unyil tetap diperjuangkan Pak Raden dengan bantuan Dahlan Iskan, tapi banyak masyarakat yang menyayangkan hal itu baru dilakukan di saat Pak Raden sudah tidak lagi muda. Umur senja Pak Raden menghalangi Pak Raden untuk menyebarkan kembali serial si Unyil yang asli dari penciptanya yaitu Pak Raden. Tepat 2015 lalu, Pak Raden akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya diumur 82 tahun. Miris melihat keadaan bahwa seorang seniman yang menghiasi wajah anak-anak pada saat itu harus meninggal dengan kurangnya rasa hormat di negerinya sendiri.

5. Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak di sinetron Si Doel


Wanita yang wajahnya juga turut meramaikan layar kaca tanah air dengan talentanya ini juga harus menelan kepahitan di hari tuanya. Aminah Cendrakasih, pemeran tokoh Mak Nyak dalam serial si Doel Anak Sekolahan ini harus hidup memprihatinkan di usia senjanya dengan penyakit Glukoma. Mak Nyak mengalami kelumpuhan dan kebutaan karena penyakitnya. Mak Nyak kini hanya bisa berbaring di tempat tidurnya untuk melawan penyakitnya. Kondisi Mak Nyak yang kian hari kian menurun, membuat penampilan Mak Nyak yang dulu gemuk kini kurus karena penyakitnya. Dilansir dari bintang.com, Aminah pemeran tokoh Mak Nyak ini masih sering menanyakan kapan serial si doel akan dilanjutkan. Dalam sakitnya Mak Nyak masih semangat untuk serial yang mengharumkan namanya itu. Sungguh dedikasi yang besar dalam dunia perfilman tanah air.
Roda itu berputar, bak hidup kita di dunia ini. Tak bisa dipungkiri dan tak bisa dikelak jika Tuhan sudah berkehendak. Seperti 5 artis legendaris di atas ini, tak ada yang menyangka bahwa mereka harus menikmati hari senjanya dalam keadaannya yang cukup memprihatinkan. Jadi, apapun yang terjadi nanti kita sebagai manusia tidak ada yang pernah tau. Semua jalan menuju masa depan itu masih abu-abu. Kita hanya bisa berencana dan berusaha.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menyedihkan! Begini Kisah Hidup 5 Artis Senior Tanah Air Ini yang Memperhatinkan di Usia Tua"

Post a Comment